Information Technology Infrastructure Library (ITIL)

Information Technology Infrastructure Library (ITIL)

Teknologi Informasi Infrastructure Library (ITIL) adalah suatu konsep dan teknik yang digunakan untuk mengelola teknologi informasi (TI) infrastruktur, pengembangan, dan operasi. ITIL adalah pendekatan yang paling efektiv untuk layanan manajemen TI di dunia. ITIL menawarkan pendekatan berdasarkan best practice, yang diambil dari sektor publik dan swasta internasional.

ITIL memiliki beberapa prinsip utama yang diwujudkan melalui lima komponen inti. Beberapa konsep ITIL dan prinsip utama yaitu:

- Memberikan pelayanan yang maksimal kepada pelanggan

- Mengoptimalkan sumber daya dan kemampuan

- Menawarkan layanan yang berguna dan dapat diandalkan 

- Merencanakan proses dengan tujuan yang jelas

- Menentukan peran dengan jelas untuk setiap tugas.

ITIL telah digunakan dan diadopsi oleh banyak organisasi di dunia baik dari pemerintahan, swasta dan pendidikan. berikut beberapa contoh organisasi yang telah mengadopsi ITIL:

ITIL telah digunakan dan diadopsi oleh banyak organisasi di dunia baik dari pemerintahan, swasta dan pendidikan. berikut beberapa contoh organisasi yang telah mengadopsi ITIL:

  • Microsfoft
  • IBM
  • Hewlett-Packard
  • Honda
  • Wal-Mart
  • Visa
  • DIsney
  • US Navy
  • US Army
  • Toyota

ITIL memiliki beberapa istilah utama yaitu :

  • Capabilites = Keterampilan atau kemampuan khusus yang diterapkan organisasi ke sumber daya untuk menciptakan sesuatu yang bernilai.
  • Functions = Sebuah kumpulan organisasi yang secara mandiri dimaksudkan untuk menyelesaikan tugas tertentu. Mereka biasanya membentuk sebuah sekelompok orang dan menggunakan alat yang telah ditentukan untuk menyelesaikan suatu tugas .
  • Processes =   Sebuah rangkaian kegiatan terstruktur yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu. Empat karakteristik dasar proses adalah:
    • mengubah input menjadi output
    • memberikan hasil kepada pelanggan atau stakeholder tertentu
    • bersifat terukur
    • dipicu oleh peristiwa tertentu
  • Resources =  Sebuah bahan baku yang berkontribusi pada layanan, seperti uang, peralatan, waktu, dan staff.
  • Roles = Dapat didefinisikan sebagai sekumpulan tanggung jawab dan hak istimewa yang telah ditentukan. Peran dapat dipegang oleh individu atau tim.
  • Service Assets =  Dapat juga dikenal sebagai aset, istilah ini mengacu pada sumber daya dan kemampuan yang harus digunakan oleh penyedia layanan untuk menawarkan layanan.
  • Service Management = Memiliki Kemampuan khusus untuk memberikan sesuatu yang bernilai kepada pelanggan dalam bentuk layanan.
  • Services = Sebuah sarana untuk memberikan sesuatu yang bernilai kepada pelanggan tanpa mengharuskan mereka untuk memiliki biaya dan risiko tertentu.
  • Value, Utility, and Warranty = Nilai layanan terdiri dari dua komponen: utilitas dan garansi. Layanan harus menawarkan utilitas dan garansi agar layanan tersebut dapat bernilai. Utilitas merupakan istilah yang mengacu pada kemampuan layanan untuk menghilangkan kendala atau meningkatkan kinerja pelanggan. Garansi merupakan istilah yang mengacu pada kemampuan layanan untuk beroperasi dengan andal.

 

Kerangka kerja ITIL dibagi menjadi lima tahap atau kategori yaitu :

Service Strategy 

Tujuan dari Service Strategy adalah memberikan strategi untuk lifecycle layanan. Strategi harus selaras dengan tujuan bisnis. Utilitas dan garansi komponen ini dirancang untuk memastikan bahwa layanan ini sesuai untuk tujuan dan cocok untuk digunakan. Komponen ini harus dipastikan karena memiliki peran penting, sebab kedua komponen inilah yang menambah nilai antar layanan kepada pelanggan.

Service Design 

Fase lifecycle Service Design membahas tentang desain layanan dan semua elemen pendukung untuk pengenalan kepada lingkungan secara langsung. “Four Ps of Service Design” mewakili area yang harus dipertimbangkan saat merancang layanan. 

Service Transition

Tujuan dari proses Service Transition adalah untuk membangun dan menyebarkan layanan IT, memastikan bahwa perubahan pada layanan dan proses Service Management dilakukan secara terkoordinasi. Pada fase lifecycle ini, desain dibangun, diuji, dan dipindahkan ke produksi untuk memungkinkan pelanggan bisnis mencapai nilai yang diinginkan. Fase ini membahas mengelola perubahan: mengendalikan aset dan item konfigurasi (komponen yang mendasarinya, seperti perangkat keras dan perangkat lunak) yang terkait dengan sistem yang baru dan berubah, validasi layanan, pengujian dan perencanaan transisi untuk memastikan bahwa pengguna, personel pendukung, dan lingkungan produksi telah disiapkan untuk rilis ke produksi. 

Service Operation

Tahap ini berfokus pada memenuhi harapan end-user sambil menyeimbangkan biaya dan menemukan potensi masalah. Proses Service Operations meliputi pemenuhan permintaan pengguna, menyelesaikan kegagalan layanan, memperbaiki masalah, dan melaksanakan tugas operasional secara rutin. Tahap ini adalah satu-satunya dari lima kategori yang memiliki fungsi serta proses. 

Continual Service Improvement

Tujuan dari tahap ini adalah menggunakan metode dari manajemen kualitas untuk mempelajari dari keberhasilan dan kegagalan masa lalu. Hal ini bertujuan untuk terus meningkatkan efektivitas dan efisiensi proses dan layanan IT sejalan dengan konsep peningkatan berkelanjutan yang diadopsi dalam ISO 2000.

Manfaat ITIL yaitu dengan menggunakan dasar pendekatan sistematis ITIL untuk manajemen layanan TI, ITIL mampu meningkatan sebuah perusahaan diantaranya:

  • Peningkatan Return on Investment pada TI.
  • Peningkatan Kapabilitas dan produktivitas.
  • Peningkatan Kepuasan Pelanggan/Pengguna.
  • Peningkatan Hasil Pemanfaatan aset.
  • Peningkatan hubungan dan interaksi antara penyedia layanan TI dengan pengguna/pelanggan.
  • Menjaga organisasi untuk mengimbangi perubahan terkini yang mendorong organisasi untuk terus berkembang.
  • Integrasi Layanan TI

Peningkatan ini telah dibuktikan oleh banyak organisasi di dunia yang mengadopsi ITIL sebagai kerangka kerja layanan TI mereka.


Refrensi : 

https://inixindojogja.co.id/apa-itu-itil-dan-apa-manfaatnya/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah Sistem Informasi dan Teknologi sampai saat ini

MANUSIA DALAM INDIVIDU, DALAM KELUARGA, DALAM LINGKUNGAN HIDUP DAN DALAM LINGKUNGAN KAMPUS.